Balai Pemuda Surabaya

Balai Pemuda Surabaya
Jl. Gubernur Suryo No. 15, Surabaya Timur/Genteng
(Berada pada persimpangan antara jalan Gubernur Suryo-Yos Sudarso-Pemuda)
Buka : 07.00-22.00 WIB

Secara tak sengaja saya melewati dan memotret bangunan Balai Pemuda Surabaya ini, sewaktu perjalanan saya ke Surabaya di tahun 2006 lalu. Bentuk bangunannya memang berbeda dari yang lain. Setelah iseng-iseng saya googling di internet, ternyata bangunan ini adalah bangunan bersejarah, lho. Yuk, simak sejarah Balai Pemuda Surabaya yang saya temukan di wikipedia.

Balai Pemuda Surabaya dulunya bernama De Simpangsche Societeit dan dibangun pada tahun 1907. Bangunan ini milik perkumpulan orang-orang Belanda bernama  De Simpangsche Societeit dan dijadikan pusat tempat rekreasi untuk pesta dansa. Pada tahun 1945, gedung ini sempat dikuasai oleh Arek-Arek Suroboyo yang tergabung dalam Pemuda Republik Indonesia (PRI) dan dijadikan Markas Pemuda. Namun, gedung ini kemudian dikuasai kembali oleh Belanda melalui pertempuran yang sengit. Pada tahun 1950, setelah Indonesia merdeka, gedung dikuasai oleh penguasa militer Jawa Timur. Pada tahun 1957, pada masa pembebasan Irian Barat, gedung dan seluruh inventarisnya oleh Penguasa Militer Propinsi Jawa Timur di serah terimakan kepada Ketua Dewan Pemerintah Daerah Kota Praja Surabaya. Gedung akhirnya berganti nama menjadi Balai Pemuda Surabaya pada tahun 1957 dan digunakan untuk menampung kegiatan pemuda, termasuk menjadi markas KAMI dan KAPPI dalam menumpas G 30 S/PKI.

Tahun 1979 Balai Pemuda mengalami pemugaran namun tidak merubah bentuk aslinya dan hingga sekarang dijadikan pusat pagelaran kesenian di Surabaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s