Kya Kya Surabaya Dalam Kenangan

Tadi malam, sewaktu melihat-lihat lagi folder foto perjalanan ke Surabaya di tahun 2006, saya menemukan foto Kya-Kya. Saya masih ingat berkunjung kesini malam-malam dan terpukau olehnya. Bayangkan saja, satu jalan besar penuh dengan pedagang berbagai macam makanan dari makanan Surabaya hingga Chineese Food. Meja dan kursi plastik berderet rapi memenuhi badan jalan. Beberapa penjual souvenir seperti gantungan kunci, poster, hingga hiasan yang biasa dipakai jika acara Imlek menjadi penghias di sela-selanya. Stand khusus untuk meramal menyempil diantara pedagang aksesoris.Pokoknya rame. Saya juga masih ingat memesan mie goreng seafood dan es teh manis sambil memandangi orang-orang hilir mudik mencari makanan untuk dipesan.Langit malam Kya Kya memerah diterangi lampu jalan. Di beberapa tempat tergantung lampion-lampion merah khas dekorasi China. Banyaknya pengunjung etnis China yang berseliweran membuat saya serasa bukan di Surabaya saja. Begitu terkesannya saya dengan Kya Kya, hingga saya bisa kembali merasakan suasana waktu itu hanya dengan melihat fotonya saja.

Kya Kya yang berarti jalan-jalan merupakan tempat wisata malam di jalan Kembang Jepun, di kawasan Pecinan Surabaya. Di pagi hingga sore hari, kawasan Kembang Jepun dipergunakan sebagai sentra pertokoan. Kya Kya lahir hasil dari ide untuk menghidupkan kembali ikon Surabaya. Dibuat dengan perencanaan matang bahkan sampai studi banding di Chinatown Singapura. Akhirnya Kya Kya dibuka pada tanggal 31 Mei 2003 di jalan seluas 750 meter. Diramaikan oleh sekitar seratusan pedagang makanan dan beberapa acara, Kya Kya benar-benar menjadi wisata malam hari Kota Surabaya. Sayang, ternyata Kya Kya sudah meredup. Dari hasil bertanya ke beberapa orang yang tinggal di Surabaya, katanya Kya Kya sudah tidak ada lagi. Entah mengapa Kya kya “punah”, tapi mungkin beberapa alasan penyebabnya bisa disimak di web ini.

Ah, sayang, padahal Kya Kya jika benar-benar dirawat dan dikembangkan dengan baik mungkin bisa setara dengan kawasan Chinatown di Singapura. Untuk yang belum pernah ke Kya Kya dan juga untuk mengenang Kya Kya, saya persembahkan foto-foto ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s