Memburu Sunrise di Upas Hill

Sunrise Upas Hill

Memburu sunrise di Upas Hill akan menghasilkan dua hal. Matahari yang cantik dan pengalaman offroad yang seru.

Banyak cara untuk mendapatkan sunrise yang cantik. Bisa dengan trekking berjam jam, naik ojek di pagi buta atau hanya sekedar jalan menyusuri pantai. Nah, kali ini saya mencoba trip offroad sunrise Upas Hill yang dimotori oleh Jalan2Terus.

Tepat jam 01.00 WIB, Hari Sabtu dini hari saya dan teman-teman saya Nevy Elysa, Dhede Wantah, Wasistyo Adi dan Tieky Kristian tiba di Giant Pasteur. Waktu sudah terlalu larut untuk menikmati Kota Bandung. Jalan-jalan sudah mulai sepi dan udara dingin Bandung sehabis hujan makin menusuk. Giant Pasteur yang menjadi titik pertemuan kami mulai didatangi beberapa orang yang merupakan peserta Sunrise Offroad Upas Hill Trip. Beberapa mobil Land Rover yang berjajar siap mengantarkan kami memburu sunrise di Upas Hill. Setelah perkenalan dan briefing singkat, berangkatlah kami menggunakan Jeep Land Rover. Iya, Jeep Land Rover yang keren itu. Satu mobil diisi kami berlima plus mas Fajar sebagai pemandu. Jeep kami sendiri dikendarai oleh mas Well Done (Wildan) dan navigatornya Mas Fajar.

Mas Fajar bercerita bahwa ini adalah trip ketiga Sunrise Offroad Upas Hill. Namun trip sebelumnya tidak mendapatkan sunrise karena cuaca kurang bagus. Jadilah sepanjang jalan saya berdoa agar cuaca bersahabat sehingga dapat menikmati sunrise.

Mobil Land Rover yang membawa kami memasuki jalur Kebun Teh Sukawana. Disini jalanan mulai tidak bersahabat. Beberapa kali mobil kami harus bermanuver melewati jalanan yang becek dan licin. Terhitung dua kali mobil kami harus ditarik oleh mobil di depannya agar bisa melewati jalanan yang jelek itu. Puncak dari perjalanan offroad kami adalah, kami harus turun dari mobil dan menyaksikan para tim dari Jalan2Terus bahu membahu dengan segala cara agar mobil kami bisa melanjutkan perjalanan.

Sekitar jam 05.30 mobil dapat melanjutkan perjalanan. Saya deg degan terus memelototi langit yang mulai memerah. Gawat aja kalau ketinggalan sunrisenya. Mobil akhirnya berhenti dan kami harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sayapun buru-buru jalan dengan setengah berlari demi mengejar sunrise. Sekitar 10 menit kami berjalan, sampailah kami di Upas Hill.

Sunrise Upas 2 (2)

Sunrise di Upas Hill tidak kalah cantik dengan sunrise lain yang pernah saya lihat. Perlahan-lahan matahari mulai menebarkan sinar kemerahannya. Sinar matahari yang menebar di sela awan membuat suasana menjadi magis. Matahari seolah-olah muncul dari balik kawah Tangkuban Perahu yang masih diselimuti kabut. Sangat indah.

Selain memotret sunrise, banyak spot foto bagus di Upas Hill ini. Ada beberapa pohon yang menjulur di tepi tebing Upas Hill yang menjadi spot foto. Ngeri ngeri sedap deh foto disini. Kita harus selalu hati-hati karena tidak ada pagar pembatas di Upas Hill.

IMG_8661

IMG_8741

Puas berfoto-foto, saatnya sarapan pagi. Tim dari Jalan2Terus mulai menyiapkan sarapan. Ada bubur instan, roti bakar beserta kopi dan teh. Sensasi sarapan di Upas Hill ini memang tiada duanya. Sambil menikmati minuman hangat kita bisa melihat pemandangan kawah tangkuban perahu yang mulai tersibak kabut. Pemandangannya bikin betah.

Upas Hill memang sangat cocok menjadi tujuan wisata pagi para pencari sunrise. Tapi sayang banyak sampah yang bertebaran di Upas Hill. Padahal Upas Hill merupakan kawasan konservasi yang semestinya dijaga kebersihannya. Usul sih, tim dari Jalan2Terus menyiapkan kantong-kantong sampah di Upas Hill sehingga Upas Hill bisa tetap bersih. Atau bikin trip khusus untuk membersihkan kawasan Upas Hill, boleh juga tuh.

IMG_8872

Pemandangan sepanjang perjalanan pulang dari Upas Hill sangat berbeda dengan sewaktu berangkat. Waktu berangkat saya tidak bisa melihat apapun karena masih gelap gulita. Nah, dalam perjalanan pulang saya disuguhi pemandangan kebun teh sukawana yang hijau membentang.

Perjalanan saya memburu sunrise di Upas Hill memang singkat. Namun pengalaman menempuh perjalanan offroad dan menikmati sunrise di Upas Hill tentu tidak akan hilang dalam waktu singkat. Saya sangat merekomendasikan Upas Hill bagi para pencari sunrise. Hubungi saja Jalan2Terus untuk menikmati Upas Hill.

Tips :

  1. Sebelum ikut trip ini disarankan tidur dulu. Karena dari berangkat sampai pulang tidak ada kesempatan tidur lagi. Gimana tidur coba, perjalanannya aja begitu πŸ˜›
  2. Jangan lupa memakai baju hangat dan jaket. Sepanjang perjalanan udaranya dingin loh.
  3. Pakai alas kaki yang nyaman
  4. Bawa tissue basah atau tissue sebagai persiapan. Siapa tahu aja kebelet gitu. Soalnya tidak ada toilet di sepanjang perjalanan sampai ke Upas Hill
  5. Bawa kantong plastik untuk membawa sampah turun. Jaga kebersihannya yah
Advertisements

2 thoughts on “Memburu Sunrise di Upas Hill

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s