Kampung Awan Nan Menawan

Mendengar namanya saja pasti Anda sudah tertarik untuk berkunjung.  Kampung Awan adalah sebuah tempat yang indah, tenang, dikelilingi awan putih yang kontras dengan latar langit yang biru yang berada di Kota Bogor, Jawa Barat.

Kampung Awan adalah pilihan tepat untuk  menghabiskan waktu bersama pasangan bagi Anda yang ingin kembali ke alam bebas dengan udara yang sejuk dan dingin khas daerah Mega Mendung. Kampoeng Awan sangatlah strategis karena terletak paling atas di daerah Mega Mendung sehingga kita dapat melihat seluruh kota Bogor dan Ciawi dan juga pemandangan tiga gunung yaitu Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Prangrango. Kampung Awan adalah areal seluas 3,5 hektar yang terbagi atas 4 camp site yang bisa dipergunakan untuk menginap. Jangan bayangkan berkemah di Kampung Awan ribet dan tidak nyaman. Justru sebaliknya. Disini sudah disediakan tenda yang nyaman lengkap dengan dengan matras, sleeping bag dan bantal. Tendanya pun dapat menahan udara dingin di Kampung Awan sehingga Anda tetap merasa hangat di dalam tenda.

Pemandangan di Kampung Awan sangat menakjubkan. Di siang hari, langit biru cerah dengan hiasan gumpalan awan putih saling berkejaran dengan latar belakang Gunung Salak. Udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan dan hamparan pepohanan nan hijau menjadi bonusnya. Jangan lewatkan matahari tenggelam di Kampung Awan. Warna jingga di sela-sela awan Gunung Salak merupakan pemandangan yang sangat syahdu. Mata Anda akan dimajakan dengan warna-warna hijau dari pepohonan yang ditanam oleh pemilik Kampung Awan sebagai aktivitas penghijauan. Anda juga bisa ikut melakukan penghijauan disini dengan menanam salah satu diantara pohon Damar, pohon Jati Sumatera ataupun Pohon Meranti. Jika cuaca sudah menjelang sore, kampung Awan akan diselimuti kabut dan awan putih yang sangat dekat sehingga seolah dapat Anda genggam saja. Selepas dari beraktivitas, Anda bisa duduk-duduk ditemani matahari tenggelam dan selepas senja pemandangan lampu-lampu dari rumah penduduk sangat indah.

Ada beberapa kegiatan bersama pasangan yang dapat Anda lakukan di Kampung Awan yang sarat dengan pengetahuan. Anda bisa trekking menyusuri jalan-jalan pedesaan untuk melihat proses pembuatan jamur Tiram. Jamur Tiram adalah jamur putih yang dapat dimakan yang tumbuh dari serbuk sisa gergaji kayu Sengun. Selain perkebunan Jamur Tiram Anda juga bisa melihat kebun organik di daerah Cipendawa yang dikelola oleh Kelompok Tani Megamendung. Disini Anda akan diajak berkeliling kebun dan mendapatkan pengetahuan seputar pertanian sayur dan buah-buahan organik yang akan dijelaskan langsung secara lengkap oleh pengelola kebun, Bapak Yuhan Subrata. Selesai berkeliling di kebun organik Anda dapat membeli sayur mayur dan buah-buahan organik yang siap dipanen sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman Anda.

Tidak jauh dari kampung Awan, ada obyek wisata lain yaitu Curug Panjang. Curug Panjang adalah obyek wisata yang telah dikelola dengan baik sehingga mudah untuk mencapainya. Dari tempat parkir mobil dan motor, Anda harus jalan kaki untuk menuju Curug Panjang. Perjalanan Anda ini akan terbayar dengan pemadangan Curug Panjang dan airnya yang segar yang menggoda untuk kita berenang. Berenang di Curug panjang adalah aktivitas yang tepat setelah seharian Anda menyusuri Kampung Awan. Tetapi, jika Anda ingin mengunjungi Curug Panjang disarankan jangan terlalu sore karena di sore hari biasanya hujan akan turun deras sehingga mengurangi kenyamanan Anda di Curug Panjang.

*artikel ini pernah dimuat di Majalah Mahligai edisi Agustus 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s