Melihat Dari Dekat Kebun Jamur Tiram

Sewaktu perjalanan saya ke Kampung Awan, Saya untuk pertamakalinya melihat perkebunan jamur. Perkebunan Jamur Tiram di Desa Sinargalih, Mega Mendung – Bogor ini “hanya” berupa sebuah gubuk kayu seluas 12×20 meter. Didalam gubuk kayu terdapat sekitar 14 rak yang berbentuk 2 barisan yang masing-masing terdapat 3 tingkat. Semua rak kayu ini sebagian berisi jamur-jamur yang sudah mulai berkembang dan sebagian lagi hanya berisi plastik-plastik yang berisi kayu. Udara di dalam kebun jamur ini lembab dan berbau tidak sedap. Saya saja tidak kuat berlama-lama di dalamnya.

Jamur Tiram dibudidayakan dengan media bahan baku serbuk gergaji dari Kayu Sengun. Serbuk gergaji ini dimasukkan ke dalam plastik sepanjang 50 cm. Setelah diberi bibit dan bahan kimia, plastik-plastik ini dibiarkan di rak hingga satu bulan lamanya. Setelah satu bulan hingga 50 hari jamur mulai tumbuh dan lansung dapat dipanen. Jamur Tiram akan tumbuh terus-menerus, tetapi biasanya setelah 3 bulan jamur sudah mulai sedikit dan medianya perlu diganti. Biasanya jamur yang siap panen adalah jamur yang mempunyai kelopak lebar. Makin lebar jamurnya maka harganya semakin mahal. tetapi jika kelopak jamur ada yang robek, maka harganya akan turun.

Setiap hari Kebun Jamur Tiram ini bisa memanen hingga 5 kilogram jamur. Jamur yang dihargai per kilonya Rp 10.000 ini biasanya dijual ke daerah Gadog. Jamur Tiram kuat disimpan hinga 4-5 hari jika disimpan di kulkas. Jamur Tiram enak dibuat sayur tumis atau masakan lain. Kandungan gizi Jamur Tiram tinggi, loh. Selain mengandung protein, Jamur Tiram juga kaya vitamin dan mineral serta rendah lemak. Dengan kandungan gizinya, jamur Tiram berkhasiat menurunkan kolesterol selain dipercaya mempunyai khasiat obat untuk penyakit lever dan diabetes.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s