Pulau Cipir yang Menyeramkan

Salah satu pulau yang saya kategorikan ‘Pulau Menyeramkan’ adalah Pulau Cipir atau Pulau Kahyangan. Pertamakali menginjakkan kaki di pulau ini aura menakutkan langsung menyergap. Bagaimana tidak, seisi pulau ini dipenuhi reruntuhan bangunan dan pohon-pohon yang meranggas, yang menurut teman saya Dhede Wantah, pohon yang “tidak biasa”. Ada beberapa bangunan tua yang masih utuh, namun lebih banyak lagi yang hanya tinggal reruntuhan temboknya saja. Pulau Cipir relatif sepi dari pengunjung. Angin pantai yang sepoi-sepoi membuat ranting pepohonan berdesir sehingga menambah suasana semakin menakutkan saja. Satu-satunya bangunan yang tidak menakutkan dan menurut saya cenderung aneh, hanya Tugu Prasasti Pulau Cipir yang dibuat oleh Dinas Museum dan Sejarah Pemerintah DKI Jakarta.

Pulau Cipir atau yang dalam Bahasa Belanda disebut Kuijper merupakan bekas rumah sakit untuk perawatan dan karantini penyakit menular bagi para jemaah haji. Pulau Cipir memang ada hubungannya dengan Pulau Onrust. Pada tahun 1911, Pulau Onrust dan Pulau Cipir sama-sama dipergunakan sebagai pusat karantina haji. Jemaah Haji yang baru datang akan menjalani pemeriksaan kesehatan disini dan jika ada jemaah yang terkena penyakit menular maka akan dikarantina dan dirawat dahulu di Pulau Cipir. Mungkin karena bekas rumah sakit ya makanya aura di Pulau Cipir menyeramkan. Sebelumnya, Pulau Cipir juga pernah dipergunakan sebagai benteng pertahanan Belanda yang bisa dilihat dari meriam yang ada disini.

Selain Pulau Cipir, masih ada 2 pulau lagi yang Saya kategorikan Pulau Menyeramkan yang akan saya tulis dalam postingan tersendiri. Sabar ya, serem nih soalnya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s