[Geopark Ciletuh] Pesona Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan 1

Tidak banyak tempat wisata yang memiliki beragam spot yang menarik untuk dikunjungi dalam satu kawasan. Nah, Geopark Ciletuh adalah salah satu kawasan wisata yang memiliki spot wisata yang lengkap; tebing ada, bukit ada, curug ada, pantai pun ada. Akhir pekan lalu saya, Nevy Elysa, Wasistyo Adi, Tieky Kristian, Wahyu Basuki dan Suryo menyambangi kawasan Geopark Ciletuh. Perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu sekitar 3 jam. Sampai di Cisaat kami berganti mobil dan ditemani Kang Irwin melanjutkan perjalanan ke Ciletuh yang memakan waktu 4 jam saja. Perjalanan kami dari Sukabumi ke Ciletuh cukup gonjang ganjing dan lumayan bikin pinggang pegel. Jalannya berkelok-kelok dan ada beberapa jalan yang rusak.

Tebing Panenjoan 3

Tempat pertama yang kami datangi adalah Tebing Panenjoan yang merupakan “pintu masuk” ke kawasan Geopark Ciletuh. Disini kami langsung disambut pemandangan panorama hijau kawasan Geopark Ciletuh. Jangan kuatir, Tebing Panenjoan yang memiliki ketinggian sekitar 250 mdpl ini sudah diberi pembatas sehingga aman untuk menikmati pemandangan sawah dan desa bahkan laut di lokasi Geopark Ciletuh. Beruntung banget waktu kami sampai disini langit lumayan cerah padahal kemarinnya katanya Sukabumi diguyur hujan.

Puas cuci mata dengan pemandangan ciamik (dan foto-foto tentunya) kami pun menikmati makan siang sebelum lanjut ke spot berikutnya.

Tebing Panenjoan 2

Geopark Ciletuh sedang membangun. Di beberapa tempat saya melihat proyek pembangunan termasuk di Tebing Panenjoan. Kawasan Geopark Ciletuh memang sedang mempersiapkan diri karena di tahun 2017 nanti Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukan kawasan ini sebagai anggota UNESCO Global Geoparks. Wih keren yah. Sekarang sih Geopark Ciletuh sudah menjadi Geopark Nasional.

Dalam perjalanan selama dua hari satu malam kami mengunjungi 1 tebing, 3 air terjun, 1 bukit dan 1 pantai di kawasan Geopark Ciletuh. Memang butuh lama kalau ingin menjelajahi semua spot di sini. Air terjunnya saja ada 20 biji katanya dan ada beberapa spot yang belum dibuka untuk umum. Bocoran yang saya dapat katanya ada 2 pantai pasir putih yang mau dibuka untuk umum. Hmmm….menarik.

Tebing Panenjoan 4

Karena kami mengunjungi beberapa spot di kawasan Geopark Ciletuh maka ceritanya akan saya bagi dalam beberapa postingan yah. Makanya tetep pantengin blog ini terus yah atau kalau enggak mau ketinggalan subscribe ajah *promosi* 🙂

Advertisements

4 thoughts on “[Geopark Ciletuh] Pesona Tebing Panenjoan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s