[Geopark Ciletuh] Dari Pantai Palangpang ke Curug Awang

Pantai Palangpang 1

Setelah kemarin seharian menjelajahi Tebing Panenjoan, Curug Sodong dan Curug Cikanteh serta Puncak Darma, di hari kedua tersisa 2 destinasi yang akan kami kunjungi yaitu Pantai Palangpang dan Curug Awang. Sebenarnya sih masih banyak spot di kawasan Geopark Ciletuh tapi berhubung kami adalah mbak mbak dan mas mas kantoran yang harus masuk kerja lagi di Hari Senin maka harus menghemat waktu agar sampai di Jakarta tidak terlalu malam.

Oh iya, selama di Ciletuh kami menginap di rumah penduduk. Kamarnya bersih dan makanannya lumayan enak. Selama di kawasan Geopark Ciletuh menu makanannya adalah ikan, sayur dan sambal. Eh kecuali sarapan ding. Menu sarapannya adalah nasi goreng dan teh manis hangat.

Pantai Palangpang 5

Sekitar jam 8 pagi kami berangkat ke Pantai Palangpang. Akhirnya kami bisa mengunjungi pantai yang dari kemarin hanya bisa dilihat dari kejauhan ini. Pantai Palangpang memiliki garis pantai yang lumayan panjang dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Nah, di dekat Pantai Palangpang ini ada pulau yang bisa dikunjungi namanya Pulau Kunti. Kalau mau kesana kamu tinggal sewa perahu nelayan saja.

Pantai Palangpang 4

Saya dan teman-teman tidak lama di Pantai Palangpang. Setelah semua gaya foto habis dicoba dan matahari mulai terik, kami kemudian bergerak menuju Curug Awang. Perjalanan dari Pantai Palangpang ke Curug Awang kurang lebih sekitar 1 jam, setelah itu lanjut trekking sedikit selama 10 menitan melewati sawah penduduk. Sayang sudah lewat masa panen. Coba kalau enggak, persawahan penduduk ini mungkin akan mirip Tegalalang di Bali. Sebenarnya jalur aslinya ke Curug Awang ini turunannya agak horor. Tapi kami diajak Mas Irwind melalui jalur alternatif melewati pematang sawah.

Curug Awang 1

Curug Awang adalah air terjun yang berlokasi di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas. Di musim hujan aliran air dari Curug Awang cukup deras dan melebar sehingga sering dijuluki Niagara mini. Waktu kemarin kami ke Curug Awang sedang musim kemarau jadi aliran airnya tidak begitu lebar. Dinding-dinding coklatnya sangat menyolok. Airnya juga coklat jadi tidak disarankan kalau mau berenang disini. Kalau buat foto-foto okelah.

Curug Awang 2

Pulang dari Curug Awang kami mampir rehat sejenak di warung-warung warga minum es kelapa muda dan makan pisang goreng sambil menikmati view persawahan penduduk.

Cerita tentang Pantai Palangpang dan Curug Awang ini sekaligus mengakhir postingan berseri saya tentang Geopark Ciletuh. Saya sangat merekomendasikan Geopark Ciletuh untuk kamu kunjungi.

Curug Awang 3

Oh iya, buat kamu yang pengen mengunjungi kawasan Geopark Ciletuh dan enggak mau repot, saya sarankan kamu menghubungi Kang Irwind di nomer Hp : 0857 2454 8187. Orangnya super baik deh. Dia akan membantu mengatur semua perjalanan kamu selama di Geopark Ciletuh. Siapa tahu kamu nanti kayak saya, dapet bonus oleh-oleh beras hitam asli Ciletuh đŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s