Sejenak di Curug Country

Curug Country 1

Kayaknya sudah lama juga saya engga main-main ke air terjun. Terakhir itu kayaknya waktu ke Curug Awang serta Curug Sodong dan Curug Cikanteh di Geopark Ciletuh. Akhirnya Sabtu kemarin saya main lagi ke air terjun padahal engga direncanain. Jadi ceritanya sahabat saya, Wahyu, pengen banget ngetrip ke seputaran Jonggol. Lumayan deket kan dari Jakarta. Destinasi incerannya adalah Penangkaran Rusa Cariu. Tapi sayangnya pas banget awal tahun 2018 ini disana terjadi musibah putusnya jembatan kayu yang memakan korban. Beritanya bisa diliat di sini. Nah, saya tuh sempet nelponin kantor penangkaran rusanya. Kali-kali aja gitu udah dibuka lagi. Cuma ya engga ada yang angkat telponnya. Tapi biar begitu kami tetap membulatkan tekad mau jalan-jalan aja pokoknya.

Sabtu pagi berangkatlah saya, Wahyu dan Tieky ke Penangkaran Rusa Cariu. Dari titik pertemuan kami di Mc Donalds Buperta Cibubur perjalanan memakan waktu sekitar 2,5 jam. kami mengandalkan Google Maps melewati rute jalan Transyogi Cibubur. pemandangan di Jalan Raya Jonggol – Cariu bagus deh. Kanan-kiri pemandangannya sawah-sawah gitu. Engga lagi kayak di deket Jakarta.

Singkat cerita kami sampe di jalan yang ke Penangkaran Rusa Cariu. Berhubung sinyal GPSnya tiba-tiba hilang, kami bertanyalah kepada bapak-bapak yang ada di warung di pinggir jalan. Si bapak bilang kalau kita sudah udah kelewatan jalan masuk ke Penangkaran Rusanya. Bapaknya juga bilang kalau penangkaran rusanya masih ditutup. Nah, sebelumnya saya udah sempet browsing-browsing tempat-tempat wisata di sekitar Penangkaran Rusa ini. Tempat wisata terdekatnya adalah Curug Country. Akhirnya kami putar balik menuju Curug Country.

Curug Country 2

Oh iya, kalau kamu mau ke Curug Country ini, penunjuk jalan terbaik adalah Google Maps. Soalnya sama sekali tidak ada penunjuk jalan menuju ke Curug Country. Paling bener pake maps aja deh. Dijamin sampe. Jalanan menuju parkiran Curug Country bisa dilalui mobil kok.

Ketika sampai di area wisata Curug Country, di pos jaga kami diharuskan membayar biaya masuk Rp10.000/orang. Dikasi tiket masuk sih, tapi cuma satu gitu sedangkan kami bertiga. Setelah masuk dan sampai di parkirannya kami kemudian diharuskan membayar biaya parkir Rp15.000 dan diberikan tiket parkir.

Curug Country 3

Dari parkiran kami masih harus turun lagi melalui jalan setapak. Yah sekitar 5 menitan lah. Jalan setapaknya sudah dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan kami turun. Kami juga harus melewati jembatan kayu menyeberangi sungai untuk mencapai Curug Country. Di Curug Country ada dua warung di dekat curugnya. jadi kalau kamu mau minum ataupun makan pop mie sambil liat air terjun bisa banget. Oh iya, di sini juga ada 3 gubukan gitu buat ganti baju sama satu gubukan yang difungsikan sebagai “toilet”.

Kalau kamu browsing di internet, banyak yang menyebut Curug Country sebagai “Niagara mini” yang menurut saya berlebihan. Curug Country memang bagus konturnya. Berundak-undak gitu. Tetapi debit airnya kecil padahal saat ini musim hujan, loh. Mungkin nih kalau debit airnya deras baru deh agak mirip Niagara mini. Kalo kemarin saya lihat sih Curug Country ini kayak versi raksasanya design air terjun yang buat taman-taman kecil itu loh. Mungkin yang design dulu terinspirasi dengan Curug Country.

Curug Country 4

Waktu saya ke Curug Country kemarin, curugnya sepi banget. Cuma ada kami bertiga dan satu orang yang pergi engga lama kami datang. Jadi suasana curugnya dapet lah. Sejuk, tenang. Duduk-duduk selow selow di sini enak. Sambil dengerin air terjun. Bikin refresh pikiran.

Curug Country 5

Sebenarnya lebih asik lagi kalo Curug Country ini bersih ya. Waktu saya membayar biaya masuk dan biaya parkir saya berharap curugnya terawat dan bersih. Tapi nyatanya engga. Banyak sampah dimana-mana. Bahkan warung-warung yang jualan di situ buang sampahnya di situ juga. Duh.

Menurut saya sih, lebih baik sekalian saja Curug Country dikelola baik sebagai tempat wisata, dirawat, dibersihkan dan diberikan fasilitas memadai. Pasti akan lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Enggak masalah kok kalau harus membayar biaya masuk. Soalnya sayang aja tempat bagus seperti Curug Country ini kalau tidak dirawat dengan baik.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s