Mengenal Mandalika, Wisata Andalan Baru Lombok

 

Mandalika 1

Sumber : blog.traveloka.com

Jadi, sejak beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata gencar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kawasan yang terletak di selatan Pulau Lombok ini masuk kategori KEK Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 dan akan dikembangkan bersama antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan lokasi wisata andalan Indonesia yang berkelas internasional.

Destinasi Wisata Bahari di Indonesia

Kamu pasti sudah tau kalau Lombok memiliki banyak tempat wisata bahari yang luar biasa cantik. Nah, kawasan Mandalika ini adalah salah satu yang spesial dengan beberapa pantai yang berpasir putih dan air laut nan amat jernih. Kecantikan alam di Mandalika kini sedang dalam tahap pembangunan dengan konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan yang berorientasi pada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup.

Mandalika 3

Sumber : steemkr.com

Soal pemandangan alam Mandalika, keindahannya sudah tak perlu diragukan lagi. Hamparan bukit dengan rerumputan bak di kawasan Nusa Tenggara Timur ada di sini. Lengkap dengan beberapa pantai cantik dan desa adat yang menawan.

Setelah selesai dibangun nantinya, KEK Mandalika diharapkan jadi destinasi wisata bahari di Indonesia. Jadi wisatawan tidak hanya melulu ke Bali, tapi juga bisa menikmati pemandangan yang sama indahnya di Lombok Selatan.

Destinasi Wisata Andalan di KEK Mandalika

Dengan luas area yang mencapai 1.034 hektar, ada banyak tempat wisata yang menjadi andalan KEK Mandalika. Saat ini, yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kuta yang pemandangannya sama cantik dengan Kuta yang ada di Bali.

Selain itu juga ada Bukit Merese dengan padang savanna luas dan pemandangan laut memukau. Destinasi lain yang juga jadi tujuan wisatawan adalah Tanjung Aan dengan ombaknya yang menantang buat para peselancar dan juga punya spot menarik untuk diving.

Tak hanya itu, kawasan Mandalika juga memiliki desa-desa adat seperti Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang dihuni oleh masyarakat Sasak. Di desa-desa adat ini, kamu bisa melihat rumah-rumah dengan bangunan tradisional dan juga makanan khas Lombok yang unik, seperti plecing kangkung, sayur jantung pisang dan ayam taliwang nan lezat.

Baca juga : Senja di Samalona

Pembangunan Yang Terus Berjalan

Pemerintah Indonesia tidak berjalan sendiri untuk membangun KEK Mandalika. Ada beberapa investor yang ikut membangun kawasan ini bersama-sama dengan Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah mendukung dengan kemudahan izin dan juga pembangunan infrastuktur untuk menuju Mandalika.

Infrastruktur yang terus dikebut penyelesaiannya adalah jalan raya yang menjadi akses utama untuk menuju Mandalika. Selain itu rencananya juga akan dibangun gedung perkantoran, hotel, resort, lapangan golf dan Bendungan Mujur.

Mandalika 4

Sumber : lampungpro.co.id

Menuju Mandalika, Gampang Banget!

KEK Mandalika hanya berjarak sekitar 18 kilometer dari Bandara Udara Internasional Praya. Engga usah kuatir, sekarang udah banyak banget maskapai yang melayani penerbangan ke Lombok, termasuk pesawat Nam Air yang punya banyak rute dari dan menuju Lombok.

Dengan pesawat Nam Air, liburan ke Mandalika jadi lebih mudah dan murah. Maskapai ini dikenal dengan harga tiketnya yang terjangkau, namun dengan pelayanan yang amat memuaskan. Kalo engga mau susah, Langsung aja buka aplikasi Traveloka kamu dan pesen tiket Nam Air ke Lombok. Gampang banget, kok.

Dengan berbagai infrasturktur yang memadai untuk menuju Mandalika, nggak heran kalau kawasan ini sekarang semakin ramai oleh wisatawan. Liburan ke Lombok yuk, eksplore Mandalika yang cantik!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s